WELCOME TO FOREST CONSERVATION

SAVE OUR FOREST
WILL
SAVE OUR WORLD

SAVE OUR FOREST
FOR
A BETTER FUTURE

Selasa, 10 Maret 2009

TIPE - TIPE INTERAKSI ANTAR SPECIES

Secara teori, species-species dalam suatu populasi saling berinteraksi satu dengan lainnya dan membentuk interaksi yang positif, negatif, NOL, dan kombinasi yang bentuk interaksi tersebut dapat dibagi menjadi 9 yaitu:




  1. neutralisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih species yang masing-masing tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi.


  2. kompetisi ( tipe gangguan lansung), yaitu interaksi antara dua atau lebih species yang masing-masing langsung saling menghalangi secara aktif.


  3. kompetisi (tipe penggunaan sumberdaya alam), yaitu interaksi antara dua atau lebih species dalam penggunaan sumberdaya alam yang persediaannya berada dalam kondisi kekurangan.


  4. amensalisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih species yang berakibat salah satu pihak dirugikan, sedangkan pihak lainnya tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi.


  5. parasitisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih species yang berakibat salah satu pihak (inang) dirugikan, sedangkan pihak lainnya (parasit) diuntungkan.


  6. predasi atau pemangsaan, yaitu interaksi antara dua atau lebih species yang salah satu pihak (prey, organisme yang diomangsa), sedangkan pihak lainnya (predator, organisme yang memangsa) beruntung.


  7. komensalisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih species yang salah satu pihaknya beruntung, sedangkan pihaknya lainnya tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi.


  8. protokooperasi, yaitu interaksi antara dua atau lebih species yang masing-masing memperoleh keuntungan karena adanya asosiasi. tetapi asosiasi yang terjadi tidak merupakan suatu keharusan.


  9. mutualisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih species yang masing-masing memperoleh keuntungan oleh adanya asosiasi dan masing-masing species memang saling membutuhkan dan merupakan suatu keharusan untuk berasosiasi.:-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Endangered Animal of the Day