WELCOME TO FOREST CONSERVATION

SAVE OUR FOREST
WILL
SAVE OUR WORLD

SAVE OUR FOREST
FOR
A BETTER FUTURE

Kamis, 05 Maret 2009

TEKNIK MENDAKI GUNUNG

Mendaki gunung pada dasarnya adalah olahraga berjalan, namun dengan beban ransel melintasi lembah, mendaki tebing, dan menuruni punggungan yang dalam, tentunya membutuhkan suatu keseimbangan.

Ukuran pendakian yang normal adalah ketika berjalan satu jam maka beristirahat selama 10 menit, teguklah sedikit minuman manis dan makanan ringan.

Dugaan bahwa minuman keras dapat menghangatkan badan selama pendakian adalah salah, pasalnya minuman keras dapat menyebabkan pembuluh darah kulit mengembang, sehingga pembuluh darah kulit melebar dan udara dingin masuk kedalam tubuh, selain itu memabukkan.


  • Berjalan atau hiking

berjalanlah dengan langkah – langkah kecil, gerakan nafas teratur, untuk menghemat energi. Jangan memaksakan langkah kaki terlalu lebar karena mengurangi keseimbangan dan cepat lelah.

Ikutilah jalur lintasan yang telah ada dengan seksama, hapalkan setiap ciri-ciri yang khas pada tiap lintasan, hal itu berguna saat kita kehilangan arah dalam perjalanan turun.


  • Beristirahat

Saat beristirahat, duduklah dengan kaki melonjor lurus di atas badan untuk mengembalikan aliran darah supaya kembali normal. Soalnya ketika berjalan darah telah turun dan terpusat di kaki.


  • Memanjat atau climbing

Teknik ini membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan yang baik karena jalur yang dilalui hampir tegak lurus dan cukup berbahaya, kadang diperlukan alat pengaman dan tali untuk melaluinya.


  • Merangkak atau scrambling

Teknik ini digunakan apabila menemui jalur yang menanjak sehingga memerlukan koordinasi kaki dengan bantuan kedua tangan untuk mendaki.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Endangered Animal of the Day