WELCOME TO FOREST CONSERVATION

SAVE OUR FOREST
WILL
SAVE OUR WORLD

SAVE OUR FOREST
FOR
A BETTER FUTURE

Kamis, 01 Januari 2009

EKOSITEM HUTAN HUJAN TROPIS

ekologi hutanTerletak pada 10*LU dan 10*LS, dengan curah hujan 2000 – 2400 mm/tahun. Rata-rata temepratur harian sebesar 25*C dan rata-rata kelembapan udara berkisar 80%. Ariel(1994) menyatakan bahwa hutan hujan tropis adalah klimaks utama dari hutan dataran rendah, yang mempunyai 3 macam jenis stratum, yaitu stratum A,B,C.

Jenis tanah hutan hujan tropis adalah jenis tanah podsol, latosol, aluvial, dan regosol, dan mempunyai iklim tipe A dan B(santoso, 1996). Tegakan hutan hujan tropis didominasi oleh jenis pepohonan yang hijau sepanjang tahun(evergreen), selain itu keanekaragaman jenis vegetasi dan fauna di ekositem hutan hujan tropis lebih tinggi dari jenis ekosistem lain.

Tajuk pohon hutan hujan tropis sangat rapat, dan juga terdapat tumbuhan merambat, memanjat, menggantung, dan menempel pada batang, cabang, dan dahan-dahan pohon, sehingga ini menyebabkan sinar matahari tidak dapat menembus hingga lantai hutan, sehingga semak belukar tidak dapat tumbuh dengan baik, kecuali untuk species yang mempunyai tingkat adaptasi tinggi.

Ciri-ciri ekositem hutan hujan tropis lainnya ialah kemampuan daur ulang yang tinggi, sehingga tidak ada lagivegetasi yang kekurangan unsur hara. Menurut ketinggian tempatnya, ekositem hutan hujan tropis dibagi menjadi tiga zona atau wilayah, yaitu

  1. zona 1 hutan hujan bawah, terletak pada ketinggian 0-1000 mdpl
  2. zona 2 hutan hujan tengah, terletak pada ketinggian 1000-3300 mdpl
  3. zona 3 hutan hujan tinggi , terletak pada ketinggian 3300-4100 mdpl.

Untuk penjelasan setiap zona, kami sampaikan lain waktu..........

Terima kasih

Daftar pustaka

Kendeigh, S.C.1980. Ecology with Special Reference to Animal and Man. Departement of Zoological Univercity of Illinoist at Urbana-Champaign. New Delhi: Pretince-Hall of India Private Limited.

Indriyanto.2008. Ekologi Hutan. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

1 komentar: