WELCOME TO FOREST CONSERVATION

SAVE OUR FOREST
WILL
SAVE OUR WORLD

SAVE OUR FOREST
FOR
A BETTER FUTURE

Senin, 19 Januari 2009

TUJUAN PENGELOLAAN SATWA LIAR

Pengelolaan satwa liar yang berhasil sangat ditentukan oleh rumusan tujuan pengelolaan yang jelas. Ini akan menjadi panduan bagi penyusunan rencana pengelolaan beserta kegiatan-kegiatan dan target yang akan dicapai. Kejernihan visi dan pengusaan terhadap masalah dan kebutuhan lokal serta tuntutan dunia internasional merupakan prasyarat utama dalam perumusan goal yang baik dan realistis. Pada garis besarnya goal pengelolaan satwa liar dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama yaitu;

  1. Menjaga keanekaragaman dan kemelimpahan jenis-jenis satwa asli, serta pelestarian habitat-habitatnya. Komitmen ini merupakan goal dengan prioritas yang tertinggi dalam pengelolaan satwa liar. Introduksi jenis-jenis eksotik yang membahayakan kelestarian jenis asli dilarang. Restorasi satwa liar dilakukan pada daerah-daerah sebaran alaminya, apabila terjadi kepunahan lokal atau penurunan populasi yang drastis. Konservasi habitat dan perlindungan satwa dari perburuan liar merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk kelestarian satwa langka atau yang dilindungi.

  2. Memberikan anekaragam kemungkinan bagi masyarakat untuk memanfaatkan dan menikmati keindahan satwa liar. Fokus dari goal ini adalah pemanfaatan satwa liar dan habitatnya yang berasaskan kelestarian baik untuk tujuan pendidikan dan penelitian, wisata alam, fotografi dan pemanenan. Pengaturan harus dilakukan terhadap perburuan yang dilakukan untuk kepentingan ekonomi maupun pemenuhan hobi. Termasuk dalam tujuan ini adalah penangkapan satwa hidup untuk tujuan koleksi kebun binatang dan pendidikan.

  3. Mengusahakan kehidupan yang harmonis antara satwa liar dan manusia. Goal yang ingin dicapai adalah pencapaian keseimbangan kebutuhan satwa liar dan manusia. Kegiatan manusia dapat memberikan dampak yang sangat merugikan bagi kemelimpahan, distribusi dan keanekaragaman satwa liar dan habitatnya. Sebaliknya, satwa liar jarang sekali memberikan dampak yang merugikan pada manusia. Apabila ada, dampak yang merugikan tersebut biasanya berkaitan dengan kerugian ekonomi akibat rusaknya tanaman pertanian, dan dampak terhadap kesehatan manusia.

kuliah riset dan manajeman satwa liar


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Endangered Animal of the Day