WELCOME TO FOREST CONSERVATION

SAVE OUR FOREST
WILL
SAVE OUR WORLD

SAVE OUR FOREST
FOR
A BETTER FUTURE

Senin, 27 April 2009

Kategori-kategori Focal species

  • Spesies-species yang mempunyai peran fungsional dalam sistem ekologis sehingga keberadaannya dan trend statusnya berpengaruh pada kondisi sistem ekologi tempat ia berada.

Penyempurnaan konsep spesies payung, dengan pendekatan multispecies yang ditetapkan dengan prosedur yang sistematis dalam pemilihan spesies-spesies payung


 

  1. Species indikator:

    suatu makhluk hidup yang dapat digunakan sebagai penciri untuk mengukur kondisi spesies lain atau lingkungan tertentu yang diinginkan.

  • Indikator deteksi dini adanya tekanan terhadap sebuah sistem ekologi.

(2) Species Payung: suatu species yang membutuhkan habitat yang sangat luas, sehingga perlindungan thd species tsb, akan melestarikan juga species lain yang berada di habitat yang sama namun kebutuhan habitatnya lebih sempit

(3) Species kunci: suatu species yang mempunyai pengaruh yang signifikan thd satu atau lebih proses ekologis kunci.

  • Tropic-link species: suatu species yang menguasai suatu posisi kunci dalam jaring-jaring makanan dan perpindahan materi dan energi antar tingkatan trophic.
  • Perekayasa ekologi: suatu species yang secara langsung atau tidak langsung mengontrol ketersediaan sumberdaya untuk makhluk lain dengan mempengaruhi kondisi fisik dari bahan-bahan biotis maupun abiotis.
  • Species Bendera: suatu species yang digunakan sebagai maskot program konservasi, karena mampu menggugah ketertarikan atau simpati masyarakat..


 

Daftar Pustaka :

Kuliah Pengelolaan Kawasan Konservasi Mas Hero

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Endangered Animal of the Day